Kamis, 18 November 2010

cara akses koneksi ke internet

GPRS
General Packet Radio Service ini adalah sistem koneksi Internet yang menggunakan perangkat GSM. GPRS merupakan value added atau nilai tambaha penggunaan ponsel. Dengan GPRS, pengguna bisa mencapai kecepatan traffic data 170kbps. Nama lain dari GPRS adalah GSM-IP (GSM Internet Protocol), karena menghubungkan pengguna dengan ISP. Dengan GPRS, panggilan voice dapat dilakukan secara bersamaan dengan transmisi data. Tentu saja, tergantung dari jenis ponsel yang digunakan. Dengan kemajuan teknologi, GPRS bisa digunakan juga untuk komputer yang dihubungkan dengan ponsel.Bahkan beberapa vendor menyediakan modem khusus GPRS.

  • Broadband = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan kabel tv, dengan menggunakan modem broadband. Saat online dapat sekaligus nonton tidak berpengaruh.
    - Dan biaya lebih hemat cukup membayar abodemen tv cable + biaya internet provider dan internet bisa di akses 24 jam online [ no limit ] tanpa batas. [ fix rate bulanan ] ditentukan oleh kecepatan yang diambil.
    - kecepatan mulai dari 384kb – 3mb saat ini.
    - Namun hanya daerah yang dilewati kabel tv yang bisa menggunakan koneksi ini.

  • T1 dan T3 line, T1 merupakan pilihan yang populer untuk disewakan bagi kepentingan bisnis untuk tersambung ke Internet dan untuk ISP tersambung ke backbone Internet. T-1 Lines merupakan koneksi telepon terdedikasi yang mendukung besaran data hingga 1.544 Mbps.
    T3  merupakan jaringan telepon yang didedikasikan untuk mendukung transfer data hingga 43 hingga Mbps.
    - Biaya pasti lebih tinggi dan ini digunakan untuk kepentingan bisnis. dan biasanya fix rate bulanan by speed for unlimited use.
    - lokasi bisa dibicarakan dengan provider.

  • Satelite VSAT, Koneksi menggunakan satelite merupakan koneksi yang cukup cepat namun  termahal. Koneksi ini kita harus menggunakan sebuah payung [ parabola khusus ] untuk menangkap signal satelit.
    - kecepatan dari 64 hingga 2mb [ berlaku hanya di Indonesia ] international lebih dari 2mb.
    - biaya  fix rate bulanan by speed for unlimited use.
    - lokasi ditentukan oleh ISP yang menyediakan fasilitas ini.

  • Fiber Optic, Koneksi jenis ini menggunakan sambungan kabel fiber optic [ kabel yang kecepatannya setara dengan kecepatan cahaya ] yang tersambung antara provider dengan perusahaan. Ini biasanya untuk perusahaan besar seperti Banking, Securitas, dll.
    - kecepatannya hingga 1Gb mmm Manteeep booo [ buat main game no lag anymore hehe ]
    - biaya fix rate bulanan ditentukan oleh kecepatan kapasitas / bandwith yang di pilih
    - lokasi ditentukan oleh mereka yang bersangkutan [ maksudnya dibicarakan gitu nanti ditarik kabelnya ]

  • WIFI / Hotspot, Jenis koneksi ini mulai heboh akhir-akhir ini. Dibeberapa kafe, mal berlomba-lomba memberikan fasilitas ini bahkan gratis untuk para pengunjung / langganan mereka. Wi-fi ini bisa terkoneksi apabila kita memiliki modem WIFI, biasanya notebook jadul belum ada :( jangan sedih bisa dibeli kok slot pcmci atau colokan usb. Kalau notebook baru biasanya sudah build in semua, dan handphone smartphone khususnya telah memiliki wifi build in juga. sehingga bisa langsung dapat digunakan.
    - biaya GRATIS – kalo penyedianya kasi gratis. Kalo bayar maka biasanya di hitung oleh jumlah kb yang digunakan, model seperti isi voucher hp. semua ini tergantung kepada ISP / penyedia jasa internet.
    - kecepatan 11mb — 100mb [ semacam lan card  ]
    - lokasi biasanya di mall, cafe, dan tempat yang ada memang kita telah tahu, misalnya kantor, rumah.

  • HANDPHONE = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan handphone. Dapat dihubungkan melalui Bluetooth maupun usb cable data. Saat online jalur telepon juga tidak terganggu. Bisa menggunakan jaringan GSM maupun CDMA. GSM dapat lebih cepat dengan teknologi 3G atau bahkan teknologi terbaru high speed 3,5G. Sedangkan CDMA menggunakan teknologi CDMA 2000 1x hampir setara dengan 3G. Perhitungan biaya hampir sama semua yaitu menggunakan sistem perhitungan per kilobyte. Kecepatan mulai dari 64kb – 2mb.


Wave LAN 
Teknologi untuk koneksi Internet ini cukup populer di kalangan warung Internet dan perkantoran. Selain harganya relatif murah, biaya koneksinya juga tidak sebanyak penggunaan kabel. Wave LAN cocok digunakan untuk lokasi yang belum atau sulit terpasang instalasi kabel telepon, pada jaringan sementara, dan kondisi khusus lainnya. Teknologi yang ada pada Wave LAN merupakan teknologi transmisi data menggunakan media radio yang dikenal sebagai Code Division Multiple Access (CDMA). Teknologi ini bertumpu pada teknologi Direct Squence Spread Spectrum (DS-SS) dari teknologi militer Amerika Serikat untuk transmisi data yang tidak mudah dilacak serta tidak mengganggu transmisi yang ada. Ada dua buah frekuensi yang saat ini yang digunakan oleh WaveLAN. Kedua frekuensi ini beroperasi pada jalur ISM (Industrial, Scientific & Medical Band), yaitu 915MHz dan 2,4GHz. Penggunaan WaveLAN di berbagai negara tidak memerlukan izin frekuensi. Hal ini dimungkinkan karena teknologi DS-SS, yang memungkinkan tidak terdeteksinya pemancar serta penerima radio pada frekuensi yang sama. Dengan menggunakan kode unik, sinyal informasi dipancarkan di beberapa frekuensi secara bersamaan sehingga sinyalnya sangat kecil, hampir tak bisa dibedakan dengan noise. Sinyal ini hanya bisa dideteksi penerima dengan kode penyebar sama. Dengan demikian, sinyal ini tahan berbagai macam gangguan sinyal lain. Kecepatan transmisinya beragam, dari mulai 19Kbps hingga 2Mbps. Selain menjadi alat komunikasi point to point, beberapa produk WaveLAN juga bisa digunakan untuk point to multipoint. Hal ini dilakukan dengan menggunakan satu WaveLAN berdaya besar sebagai base station

Dial Up
Sistem koneksi Internet paling popular ini, digunakan oleh mayoritas pengguna Internet di Indonesia. Sistem ini dikenal simpel dan mudah digunakan.Pelanggan cukup dial ke nomer penyedia dan langsung terhubung dengan Internet. Dial up kini telah menjadi sistem koneksi yang paling banyak digunakan oleh user di Indonesia. Dial up bisa menjangkau semua komputer yang telah terhubung dengan telepon rumah. Banyak ISP di Indonesia yang menyediakan koneksi Internet dial up menggunakan nomer layanan khusus 0809. Kelemahan yang paling mencolok dari sistem koneksi ini adalah biayanya Untuk biaya koneksi Internet, harus dihitung biaya dial up ke ISP dan pulsa lokal ke jaringan telepon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar